Hilda, Lelya (2021) Peningkatan kemampuan berfikir kritis melalui model pembelajaran SETS (Science, Environmental, Technology and Society) pada pembelajaran IPA. In: Prosiding Webinar Nasional Prodi PGMI IAIN Padangsidimpuan, 5 - 6 Juni 2021, Padangsidimpuan.
Text
03 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (709kB) |
Abstract
Perkembangan pendidikan saat ini tidak lepas dari perkembangan teknologi. Kesulitan pembelajaran IPA
karena masih kurangnya integrasi materi dalam kehidupan nyata. Salah satu dalam mengatasi kesulita
tersebut dengan melakukan pendekatan SETS (Science, environmental, technology and society).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian mahasiswa PGMI
2 sebanyak 38 orang, instrument penelitian dengan tes kemampuan berfikir kritis. Hasil yang diperoleh
dalam pelaksanaan PTK dengan rata-rata pada siklus 1 (66.07), siklus 2 (71.35) dan siklus 3 (79.91),
sedangkan ketuntasan klasikal diperoleh hasil pada siklus 1 (44.74), siklus 2 (63.16) dan siklus 3 (76.32).
Kemampuan berfikir kritis mahasiwa mengalami peningkatan dengan pendekatan SETS.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Berpikir kritis; SETS; Pembelajaran IPA; Integrasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 02:33 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 02:33 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/741 |
Actions (login required)
View Item |