Rambe, Sojuangon (2014) Neurolinguistic programming: theory and guidance for practices in language teaching. ENGLISH EDUCATION JOURNAL: English Journal for Teaching and Learning, 2 (2). pp. 46-60. ISSN 2338-8781
|
Text
4.soju2.compressed.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
NLP (Neurolinguistic Programming) adalah sebuah terapi psikologi untuk
memperbaiki kepribadian dan meningkatkan pencapaian seseorang dalam
kehidupan dan penghidupannya. Terapi ini telah diaplikasikan dalam berbagai
bidang profesi dengan hasil yang mereka yakinkan sebagai „konsisten‟. Aplikasi
pendekatan ini dalam pendidikan sudah dilakukan di berbagai negara, sedangkan
penerapannya di dalam pembelajaran bahasa asing sebagian rujukan utamanya
disusun oleh Revel. J dan S. Norman (1997 dan 1999) sedangkan penelitian di
bidangnya sudah cukup banyak dilakukan, meskipun pada satu sisi ditentang dan
dianggap tidak relevan oleh banyak ahli pembelajaran bahasa. Dalam
pembelajaran bahasa, NLP berbasis pada teori komunikasi; menempatkan
kemampuan menyarikan, mengaplikasikan dan mempraktekkan prilaku efektif
sebagai keterampilan belajar; mencirikan penekanan lebih pada kemampuan
komunikasi lisan; bahan ajarnya terdiri atas suatu kondisi target beserta proses
untuk mewujudkannya; pembelajaran dilakukan dengan proses imajinasi dan
fantasi kronologi peristiwa; dan evaluasinya bergantung pada tujuan pembelajaran
yang sebelumnya telah ditetapkan oleh guru atau kurikulum.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 00:28 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 08:44 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/173 |
Actions (login required)
View Item |