Dasopang, Muhammad Darwis and Anhar, Anhar and Erawadi, Erawadi and Hasibuan, Zainal Efendi (2021) Paradigma integrasi keilmuan dan konseptualisasinya dalam kurikulum Universitas Islam Negeri se-Sumatera. Kencana, Jakarta. ISBN 978-623-384-082-8
|
Image
Cover Paradigma Integrasi Keilmuan Buku.png - Cover Image Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (441kB) | Preview |
|
Text
DOC-20221031-WA0017..pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kajian ini, yang berjudul “Paradigma Integrasi Keilmuan dan Konseptualisasinya dalam Kurikulum Universitas Islam Negeri se-Sumatera,” mengetengahkan kajian kritis-komprehensif tentang paradigma keilmuan Universitas Islam Negeri se-Sumatera dan bentuk deduksi interpretatif konsep paradigma keilmuan dimaksud ke dalam konstruk dan desain kurikulum. Unit analisisnya dibatasi pada 5 (lima) universitas, yaitu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Universitas Islam Negeri (UIN) di Sumatera mempunyai ciri khas paradigma integrasi keilmuan masing-masing. UIN Sultan Syarif Kasim Riau melambangkan dengan “Spiral Andromeda”, UIN Ar-Raniry Banda Aceh merumuskannya dengan paradigma “frikatifikasi”, UIN Sumatera Utara menamainya dengan “Wahdatul Ulum”, UIN Imam Bonjol Padang melambangkannya dengan “heksagonal”, dan UIN Palembang merumuskannya dengan “Rumah Ilmu”.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Integrasi Keilmuan; Kurikulum; Universitas Islam Negeri; Sumatera |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 01:17 |
Last Modified: | 30 Apr 2023 11:16 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/949 |
Actions (login required)
View Item |