Asfiati, Asfiati (2019) Internalisasi pendekatan humanis dalam kurikulum tersembunyi. DARUL 'ILMI: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 7 (1). pp. 45-59. ISSN 2338-8692
Text
1804-4205-1-SM.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (201kB) |
Abstract
Kurikulum berfungsi sebagai alat dalam mencapai keberhasilan pendidikan.
Salah satu aspek keberhasilan pendidikan adalah berbentuk afektif. Afektif
menyangkut sikap dan tingkah laku. Standar sikap dan tingkah laku tidaklah
dapat diukur secara terencana dan terprogram. Segala aktivitas pembelajaran
yang tidak tertulis dan terprogram lebih dikenal dengan istilah kurikulum
tersembunyi. Kurikulum tersembunyi tidak dapat dilihat dan sifatnya non
akademik. Kurikulum tersembunyi membutuhkan aktualisasi diri peserta didik
dan pendidik sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang mampu mengedepankan
nilai-nilai ruhiyah dan insaniah. Cara yang dapat dilakukan adalah internalisasi
pendekatan humanis. Pendekatan humanis menjunjung tinggi prinsip fitrah dan
rasional sehingga menciptakan manusia yang mempunyai keunggulan,
keutamaan dan keistimewaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Internalisasi; Pendekatan Humanis; Kurikulum Tersembunyi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 02:11 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 02:11 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/447 |
Actions (login required)
View Item |