Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Paradigma pendidikan moral: perspektif pemikir barat dan Muhammad al-Ghazali

Harahap, Sumper Mulia (2023) Paradigma pendidikan moral: perspektif pemikir barat dan Muhammad al-Ghazali. Unpublished. (Unpublished)

[img] Text
SUMPER- PENDIDIKAN MORAL.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (192kB)

Abstract

Permasalahan moral yang sedemikian kosmopolit di era sekarang, merupakan badai di kalangan segelintir umat manusia, dan sebaliknya merupakan kebanggaan tersendiri bagi kebanyakan orang di berbagai belahan dunia. Fenomena kebobrokan moral di penghujung abad modern ini telah terjangkit dan meluas di kalangan masyarakat, termasuk melanda dunia Barat bahkan dunia Timur yang notabene diidentikkan dengan Islam, ikut-ikutan berperan serta. Muhammad al-Ghazâli (Pemikir Muslim Kontemporer berasal dari Mesir) melihat, umat Islam di segenap penjuru telah menjadikan sesuatu yang sulit sebagai sesuatu yang sangat sulit diraih, lalu membuka kanal-kanal penghubung menuju hal-hal yang memperdaya, agar orang yang tenang menjadi bergejolak. Pendidikan Moral menjadi Issue penting bagi tokoh di bidang Pendidikan Generasi Sekarang. Para pemikir Muslim dan Barat secara serius meletakkan pondasi dan kajian berkaitan dengan pendidikan moral. Metode yang digunakan dalam mencari data adalah studi riset kepustakaan (library research), yaitu peneliti mengumpulkan buku-buku yang berkaitan dengan sejarah dan pemikiran tokoh yang diteliti. Setelah melakukan telaah diskriftif dan metodologis, penulis menyimpulkan bahwa Para pemikir Muslim dan Barat bearsepakat bahwa dekadensi moral telah menyebar dan perlunya meletakkan pondasi terhadap terma Pendidikan Moral.

Item Type: Other
Keywords: Pendidikan moral; Pemikir barat; Muhammad al-Ghazali
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 17 May 2023 02:10
Last Modified: 17 May 2023 02:10
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item