Magdalena, Magdalena (2016) Konstruksi muslim kaffah dalam kurikulum terpadu di Sekolah Islam Terpadu. In: Batusangkar International Conference I, 15-16 October 2016, Batusangkar, Padang.
Text
KONSTRUKSI MUSLIM KAFFAH DALAM KURIKULUM.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (321kB) |
Abstract
Manifestasi dimensi pendidikan Islam spektakuler dari kebangkitan Islam di Indonesia adalah kemunculan Sekolah Islam Terpadu (SIT). SIT menjadi ikon penguatan identitas Islam di ranah publik yang berhaluan pembentukan profil lulusan yang menguasai ilmu keislaman dan ilmu profan. Profil ini popular dengan sebutan muslim kaffah. Pemikiran tentang kurikulum terpadu (integrated curriculum) di SIT menawarkan sebuah sistem yang menjanjikan bagi mereka yang mencari alternatif di tengah kegagalan lembaga pendidikan dalam mengonstruksi muslim kaffah tersebut. Dalam terminologi SIT, kurikulum ini dikenal dengan kurikulum non dikotomi. Bangunan kurikulum ini memuat ilmu pengetahuan yang bersumber dari satu kesatuan ilmu Allah. Karenanya, muatan ilmu keislaman dan profan terpadu dalam bingkai kurikulum SIT sehingga mampu menampilkan profil hamba dan khalifah Allah di muka bumi. Muatan kurikulum terpadu berisi mata pelajaran reguler sesuai Standar Pendidikan BSNP, muatan lokal seperti bahasa Arab, bahasa Inggris, taḥfiẓ, dan program pengembangan diri seperti pramuka JSIT, mentoring/ḥalaqah sebagaimana ditemukan dalam realitas SIT di Sumatera Utara.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Sekolah Islam Terpadu; Muslim kaffah; Kurikulum terpadu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 Apr 2023 16:32 |
Last Modified: | 30 Apr 2023 16:32 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1132 |
Actions (login required)
View Item |