Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Internalisasi pendekatan humanis dalam kurikulum tersembunyi

Asfiati, Asfiati (2019) Internalisasi pendekatan humanis dalam kurikulum tersembunyi. DARUL 'ILMI: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 7 (1). pp. 45-59. ISSN 2338-8692

[img] Text
1804-4205-1-SM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (201kB)
Full text available at: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php...

Abstract

Kurikulum berfungsi sebagai alat dalam mencapai keberhasilan pendidikan.
Salah satu aspek keberhasilan pendidikan adalah berbentuk afektif. Afektif
menyangkut sikap dan tingkah laku. Standar sikap dan tingkah laku tidaklah
dapat diukur secara terencana dan terprogram. Segala aktivitas pembelajaran
yang tidak tertulis dan terprogram lebih dikenal dengan istilah kurikulum
tersembunyi. Kurikulum tersembunyi tidak dapat dilihat dan sifatnya non
akademik. Kurikulum tersembunyi membutuhkan aktualisasi diri peserta didik
dan pendidik sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang mampu mengedepankan
nilai-nilai ruhiyah dan insaniah. Cara yang dapat dilakukan adalah internalisasi
pendekatan humanis. Pendekatan humanis menjunjung tinggi prinsip fitrah dan
rasional sehingga menciptakan manusia yang mempunyai keunggulan,
keutamaan dan keistimewaan.

Item Type: Article
Keywords: Internalisasi; Pendekatan Humanis; Kurikulum Tersembunyi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:11
Last Modified: 06 Dec 2019 02:11
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item