Asfiati, Asfiati and Mahdi, Nur Imam (2020) Merdeka belajar bagi anak kebutuhan khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3 (1). pp. 59-69. ISSN 2621-0770
Text
6. Merdeka Belajar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (386kB) |
Abstract
Pemerintah melakukan perubahan pendidikan yaitu adanya Merdeka Belajar. Merdeka Belajar diharapkan dilaksanakan oleh semua jenis pendidikan termasuk anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan penuh untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Fokus penelitian ini yaitu sistem zonasi sebagai sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan asesement kemampuan minimum serta survey karakter. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Sumber data sekunder adalah 5 orang guru dan siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi, dokumentasi. Data dianalisa dengan teknik interaksi melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem zonasi PPDB telah dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan sebagai bukti mendukung program pemerintah. PPDB melalui jalur zonasi 50 % terdiri dari 10 siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Anak Kebutuhan Khusus; Belajar; SLB Kumala Indah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 08:18 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 08:18 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/655 |
Actions (login required)
View Item |