Lubis, Maulana Arafat (2018) Pengaruh model problem based learning terhadap civic skills siswa kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan. Jurnal Handayani, 9 (2). pp. 47-54. ISSN 2407-6295
Text
12018-25943-1-SM.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (201kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan awal ketika pembelajaran PPKn berlangsung di kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan
ditemukan bahwa guru menggunakan Direct Instruction dan tidak memperhatikan civic skills dalam penilaiannya, bahkan juga ditemukan bahwa sebanyak 11 dari 17 siswa (64,71%) mempunyai civic skills rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap civic skills siswa. Teknik sampling yang digunakan pada
penelitian ini yaitu total sampling, karena jumlah populasi dan sampelnya sama yaitu sebanyak 17 orang siswa kelas V di MIN 3 Tapanuli Selatan. Penelitian ini
merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi civic skill siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t (Paired Samples T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Civic skills siswa. Temuan lain dari hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) juga mempengaruhi dimensi kewarganegaraan lainnya seperti civic knowledge dan civic values. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan agar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dalam membelajarkan PPKn
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | PPKn; Civic skills; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Maulana Arafat Lubis |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 01:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 01:13 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/511 |
Actions (login required)
View Item |