Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran kecerdasan interpersonal dalam perspektif Islam pada siswa sekolah dasar di era revolusi industri 4.0

Lubis, Tasnim and Azizan, Nashran and Lubis, Maulana Arafat (2019) Peran kecerdasan interpersonal dalam perspektif Islam pada siswa sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 6 (2). pp. 37-55. ISSN 2355-7850

[img] Text
2084-4879-1-SM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (318kB)
Full text available at: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peran kecerdasan interpersonal dalam perspektif Islam pada siswa sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan telaah pustaka dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa inovasi yang terus berkembang pada awalnya dimulai dari revolusi industri 1.0 hingga ke 4.0 sehingga menjadi tantangan dan peluang bagi pendidik dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada pada peserta didik, agar dapat menciptakan lulusan-lulusan yang berkompeten, berkarakter dan dapat diandalkan. Kehadiran revolusi industri 4.0, di sekolah diharapkan mampu menjembatani sikap peserta didik agar sesuai dengan Al-Qur’an dan UndangUndang Dasar (UUD) 1945 serta dapat diintegrasikan di era revolusi industri 4.0

Item Type: Article
Keywords: Kecerdasan interpersonal; perspektif Islam; peserta didik; revolusi Industri 4.0.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Maulana Arafat Lubis
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:24
Last Modified: 09 Jun 2020 01:47
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item