Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemikiran Mohammad Iqbal tentang pendidikan

Daulay, Abdul Sattar (2015) Pemikiran Mohammad Iqbal tentang pendidikan. DARUL 'ILMI: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 3 (1). pp. 126-137. ISSN 2338-8692

[img]
Preview
Text
357-1049-1-PB.pdf

Download (223kB) | Preview
Full text available at: http://e-journal.perpustakaanstainpsp.net/index.ph...

Abstract

Pemikirannya tentang Khudi dan Insan Kamil adalah menjadi ide penting dalam kajian pendidikan karena persoalan ini mengkaji tentang potensi-potensi yang dimiliki oleh anak didik dan tujuan-tujuan pendidikan yang harus dicapai.

Disamping itu Iqbal banyak mengutarakan keprihatinannya kepada bentuk-bentuk pendidikan yang berjalan pada saat itu apakah yang di kelola secara tradisional dan dikelola secara modern. Keritikannya terhadap sistem pendidikan tradisional yang mengajarkan otak dan jiwa dalam kurungannya, pendidikan modern yang memberikan pendidikan materialis yang tidak serasi dengan nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi, khususnya budaya spritual Islam dan mendoktrinasi generasi muda Islam dengan superioritas kebudayaan Barat.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 19 Oct 2017 08:30
Last Modified: 10 Sep 2019 07:22
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item