Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Akar tradisi integrasi pengetahuan dalam naskah klasik Islam nusantara

Erawadi, Erawadi (2012) Akar tradisi integrasi pengetahuan dalam naskah klasik Islam nusantara. In: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya.

[img]
Preview
Text
AKAR TRADISI INTEGRASI PENGETAHUAN.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Dalam pembahasan ini, untuk melacak dan memahami akar tradisi integrasi
pengetahuan dalam peradaban Islam Nusantara dilakukan dengan pendekatan historis-
filologis. Pendekatan historis dimaksudkan untuk mendeskripsikan peristiwa-
peristiwa sejarah yang berhubungan dengan obyek kajian, sedangkan pendekatan
filologis mencoba mengungkapkan teks dan konteks yang dikandung oleh naskah-
naskah klasik. Dalam hal ini, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menemukan
dan mengidentifikasi naskah-naskah atau dokumen historis yang berhubungan dengan
tradisi integrasi pengetahuan Islam, kemudian naskah-naskah tersebut dianalisis secara
mendalam, baik dari sisi teksnya maupun konteks yang melatarinya. Langkah
selanjutnya adalah membedakan dan menganalisis sebaran-sebaran pengetahuan yang
tumbuh dalam ranah perkembangan peradaban Islam, baik pengetahuan agama maupun
pengetashuan sains.
Sumber utama pembahasan ini adalah kitab
Taj al-Muluk al-Murashsha’ bi
Anwa’i al-Durar wa al-Manzhumat
kumpulan karangan Abbas al-Asyi (Teungku
Chik Kuta Karang) dan
Jam'u Jawami' al-Musannafat (
terkenal dengan
Kitab
Delapan,
kumpulan 8 karangan
)
yang disusun (diedit) oleh Ismail al-Asyi, serta
didukung dengan naskah dan sumber-sumber lainnya yang relevan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 17 Oct 2017 05:06
Last Modified: 11 Sep 2019 04:28
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item