Hasibuan, Nasruddin (2014) Mengoptimalkan hasil belajar melalui pembelajaran remedial. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9 (2). pp. 267-290. ISSN P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039
|
Text
776-2897-1-PB.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
Istilah remedial di lembaga pendidikan formal adalah kegiatan yang
terprogram. Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru mata pelajaran
dan tetap dalam pengamatan kepala sekolah. Hadiah remidi
ini sebagai tanggung jawab untuk belajar melaksanakan tugas
studi. Remidi di lembaga pendidikan formal, sekolah Islam dan
juga sekolah umum adalah masalah yang sangat penting, karena
remidi yang baik akan dapat mengantarkan siswa ke dalam proses
pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian studi kepustakaan
ini meneliti tentang cara mengoptimalkan hasil belajar dengan
menggunakan remidial. Kesempatan remidi ditentukan oleh proses
presentasi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan.
Banyak sekolah yang kurang memperhatikan kesempatan remidi
dapat membahayakan siswa dalam pencapaian skor belajar.
Remidi dalam perjalanan pembelajaran dijalankan sesuai dengan
tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Adapun prinsip remedial
adalah adaptif, interaktif, intensif, fleksibel, adanya umpan balik,
kesinambungan dan ketersediaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 07:18 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 08:08 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/196 |
Actions (login required)
View Item |