Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Mengoptimalkan hasil belajar melalui pembelajaran remedial

Hasibuan, Nasruddin (2014) Mengoptimalkan hasil belajar melalui pembelajaran remedial. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9 (2). pp. 267-290. ISSN P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039

[img]
Preview
Text
776-2897-1-PB.pdf

Download (243kB) | Preview
Full text available at: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia...

Abstract

Istilah remedial di lembaga pendidikan formal adalah kegiatan yang
terprogram. Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru mata pelajaran
dan tetap dalam pengamatan kepala sekolah. Hadiah remidi
ini sebagai tanggung jawab untuk belajar melaksanakan tugas
studi. Remidi di lembaga pendidikan formal, sekolah Islam dan
juga sekolah umum adalah masalah yang sangat penting, karena
remidi yang baik akan dapat mengantarkan siswa ke dalam proses
pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian studi kepustakaan
ini meneliti tentang cara mengoptimalkan hasil belajar dengan
menggunakan remidial. Kesempatan remidi ditentukan oleh proses
presentasi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan.
Banyak sekolah yang kurang memperhatikan kesempatan remidi
dapat membahayakan siswa dalam pencapaian skor belajar.
Remidi dalam perjalanan pembelajaran dijalankan sesuai dengan
tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Adapun prinsip remedial
adalah adaptif, interaktif, intensif, fleksibel, adanya umpan balik,
kesinambungan dan ketersediaan

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:18
Last Modified: 11 Sep 2019 08:08
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item