Magdalena, Magdalena and Hikayat, Sohibul (2020) Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang pendidikan dasar: Studi kasus di SMP Negeri 3 Panyabungan. Jurnal Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1). pp. 39-52. ISSN 2721-0561
Text
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses inti terwujudnya kegiatan pendidikan. Untuk itu, perlu manajemen pembelajaran yang baik, sehingga tercapai tujuan pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk membahas manajemen pembelajaran PAI di SMPN 3 Panyabungan. Formulasi kajian ini difokuskan pada bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 3 Panyabungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pemerolehan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran PAI di SMPN 3 Panyabungan terlaksana dengan baik. Begitupun, hendaknya manajemen yang dibangun pimpinan dan para guru tidak hanya sebatas kemauan sendiri, tetapi harus bersatu padu dalam penerapannya berdasarkan kesadaran, motivasi dan kemauan dalam pelaksanaan, yang bertujuan untuk kemajuan pendidikan Islam yang ada di Sekolah tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Manajemen; Kinerja; Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 Apr 2023 15:17 |
Last Modified: | 30 Apr 2023 15:17 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1127 |
Actions (login required)
View Item |