Batubara, Hanifah Nur and Hilda, Lelya and Syafrilianto, Syafrilianto (2022) Model sets untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 105 Adianjior. In: Prosiding seminar nasional PRODI PGMI dan PIAUD IAIN Padangsidimpuan : pengembangan metodologi penelitian untuk riset di PGMI dan PIAUD, 18 Mei 2022, Padang Sidempuan.
Text
ARTIKEL PROSIDING 2.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Model SETS menjadikan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan tidak menoton karena
model SETS membuat siswa lebih aktif dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model SETS pada pembelajaran IPA di SDN 105
Adianjor. Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi dan sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 12 laki-laki serta 9 perempuan. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan tes. Teknis analisis data berbantuan software dan SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran science, environment, technology, and society
(SETS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Berdasarkan dari data persentase
di pra siklus yaitu 14,28%, kemudian meningkat di siklus I pertemuan I menjadi 33,33%. Selanjutnya
meningkat di siklus I pertemuan II menjadi 47,61%. Kemudian meningkat di siklus II pertemuan I menjadi
66,66% dan di siklus II pertemuan II meningkat menjadi 85,71%.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Model SETS; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Syafrilianto Syafrilianto |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 01:17 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 01:17 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1089 |
Actions (login required)
View Item |