Rafiq, Mohd. (2020) Strategi dakwah antar budaya. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 14 (2). pp. 287-302. ISSN 2406-9485
Text
3305-8465-2-PB.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (275kB) |
Abstract
Strategi merupakan sebuah daya upaya dan kemampuan yang dilakukan untuk menangani dan merencanakan sesuatu, tujuannya untuk menggapai kemenangan dan meraih hasil sesuai yang diinginkan. Strategi dakwah merupakan perencanaan dan pengarahan segala aktivitas dan operasionalitas dakwah Islamiah yang dilakukan secara objektif, ilmiah dan memperhatikan aspek rasionalitas untuk mencapai tujuan-tujuan ajaran Islam yang mencakup seluruh aspek kemanusiaan. Strategi dakwah memiliki konsep dan langkah-langkah yang terorganisir dalam mendayagunakan potensi yang dimiliki untuk menyebarkan dakwah kepada audiens dengan mempertimbangkan berbagai macam hambatan dan tantangan yang dihadapi, dan melalui hasil penelitian, serta mampu menyahuti kebutuhan masyarakat. Strategi dan metodologi dakwah yang kondusif pada masyarakat yang berbeda budaya dirumuskan melalui pertimbangan, rencana kegiatan pelaksanaan dakwah, mengenali dan memahami medan dakwah, menetapkan jangka waktu kegiatan pelaksanaan dakwah, menentukan tekanan aspek pembicaraan dakwah, serta merumuskan target dan tujuan yang hendak dicapai.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi; Dakwah; Budaya |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 06:59 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 06:59 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1025 |
Actions (login required)
View Item |