Nasution, Mariam (2014) Dasar-dasar keterampilan mengajar matematika. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 1 (1). pp. 89-104. ISSN 2355-7850
|
Text
Mariam Nasution.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Seorang guru matematika yang efektif adalah guru yang berhasil
membawa peserta didiknya mencapai tujuan pembelajaran dan sesuai kaidah
yang berlaku dalam pendidikan. Untuk mencapai tingkat efektifitas pembelajaran
matematika guru mempunyai fungsi sebagai narasumber, demonstrator,
pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator. Guru harus menguasai berbagai
keterampilan dasar mengajar yang meliputi: keterampilan membuka dan
menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan
menggunakan variasi mengajar, keterampilan memberi penguatan,
keterampilan mengajar kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan
keterampilan membimbing diskusi kecil. Dengan demikian seorang guru
matematika harus mempunyai keterampilan dasar mengajar. Ini sangat penting
sebagai syarat menjadi seorang guru. Seorang guru professional harus mengikuti
beberapa pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan dasar mengajar agar
fungsi pengajaran tercapai dengan baik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 01:42 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 05:20 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/91 |
Actions (login required)
View Item |