Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Redesign pembelajaran Pendidikan Agama Islam menuju revolusi industri 4.0

Asfiati, Asfiati and Pulungan, Ihwanuddin (2019) Redesign pembelajaran Pendidikan Agama Islam menuju revolusi industri 4.0. Prenadamedia, Jakarta. ISBN 978-623-218-414-5

[img] Text
Cover_Redesign Pembelajaran Pendidikan.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text
Asfiati Buku 1 REDESIGN PEMBELAJARAN PAI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (55MB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 dengan segudang manfaat dan kecanggihannya menciptakan persaingan global yang semakin kompetititf. Individu dituntut agar semakin kreatif dan inovatif serta menguasai berbagai keahlian. Karenanya, guna menciptakan individu-individu yang berkualitas pendidikan wajib berbenah diri. Salah satunya dengan merancang ulang redesain pembelajaran. Dalam revolusi 4.0 pembelajaran ditempatkan sebagai interaksi antara pendidik dan peserta didik yang saling berkolaborasi melengkapi satu sama lain. Pendidik membimbing, mengarahkan dan membina potensi, bakat dan minat peserta didik. Pendidik dituntut memiliki keahlian dan keterampilan di bidang teknologi serta menguasai pengembangan pembelajaran berbasis digitalisasi.
Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya menjadi krusial menciptakan pembelajaran yang mampu mengakomodasi individu di era digital, tanpa mengurangi nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan. Berlandaskan pemikiran tersebut, peran guru Pendidikan Agama Islam di sekolah menjadi sorotan utama dalam buku ini. Penulis menelusuri secara mendalam peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam meredesain pembelajaran pendidikan agama Islam guna menghadapi revolusi industry 4.0 di sekolah menengah atas (SMA) Negeri. Redesain pembelajaran dilakukan melalui teknik, taktik, pendekatan, metode, media dan materi pendidikan agama Islam.
Buku ini merupakan sebuah respons dalam menyambut era industry digital 4.0 dengan harapan khususnya pendidikan agama Islam terus berbenah diri demi meningkatkan kualitas hidup peserta didik yang beriman, kompeten dan berakhlak mulia.

Item Type: Book
Keywords: Redesign pembelajaran; Pendidikan Agama Islam;Revolusi industri 4.0
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 17 Dec 2019 10:13
Last Modified: 23 Aug 2022 09:59
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item