Rambe, Sojuangon (2014) Content based instruction: theory and guidance for classroom practices. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, 2 (2). pp. 101-114. ISSN 2338-8706
|
Text
9. Sojuangon-min.compressed.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Content Based Instruction (CBI) adalah pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris
dengan memanfaatkan bahan ajar yang berasal dari berbagai disiplin ilmu selain Bahasa
Inggris; matematika, fisika, kimia, sejarah dan sebagainya. Tujuan pembelajaran dengan
menggunakan bahan ajar demikian adalah untuk memampukan siswa menguasai bahan
ajar dan atau keterampilan yang terkandung di dalamnya sekaligus mengembangan
kemampuan berbahasa mereka. Secara garis besar, pendekatan pembelajaran ini berasal
dari Amerika untuk mengajar dengan bahan ajar non-Bahasa Inggris kepada para siswa
dan mahasiswa dari negara-negara bukan penutur Bahasa Inggris yang menempuh
pendidikan di negara tersebut, kemudian berkembang ke berbagai wilayah di dunia
dengan konteks yang lebih beragam. Pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris ini
berbasis pada sudut pandang bahwa bahasa adalah teks/ wacana dan keyakinan bahwa
siswa akan lebih mudah mendapatkan kemampuan berbahasa apabila dihadapkan pada
bahan ajar yang nyata. CBI terdiri atas setidaknya 4 versi yang berbeda dalam tujuan,
bentuk program, system pembelajaran dan integrasi bahasa dalam pembelajaran
demikian pula pada pengembangan bahan ajar dan evaluasinya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 02:25 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 00:06 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/139 |
Actions (login required)
View Item |