Magdalena, Magdalena (2014) Politik kebijakan pendidikan restrukturisasi madrasah aliyah keagamaan (MAK). Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 1 (1). pp. 47-64. ISSN 2355-7850
|
Text
Magdalena.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) adalah lembaga pendidikan Islam yang
memiliki bentuk yang sama dengan madrasah. Artikel ini menjelaskan politik
kebijakan pendidikan pemerintah tentang MAK yang merestrukturisasinya untuk
menjadi salah satu panutan bagi lembaga Islam. Ide ini diharapkan dapat
membangun MAK yang telah mandeg. Fungsi MAK adalah untuk mewujudkan
cita-cita Muslim untuk "tafaqquh fi al-din". Tujuan pendirian MAK di antaranya
dapat menghasilkan intelektual yang memiliki pengetahuan dan sains yang
memiliki karakteristik Islam untuk mencapai perdamaian dunia dan kehidupan
akhirat. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas pentingnya MAK
untuk pengembangan intituti Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 01:44 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 05:19 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/92 |
Actions (login required)
View Item |