Asnah, Asnah (2016) Strategi reflektif dan transinternal sebagai upaya menumbuhkan penghayatan siswa dalam pembelajaran PAI. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 2 (2). pp. 89-106. ISSN 2442-7004
|
Text
ASNAH.pdf Download (523kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran PAI di sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar sampai
ke tingkat lanjutan atas bahkan pembelajaran agama di perguruan
tinggi, umumnya lebih berorientasi kognitif. Peserta didik lebih
ditekankan untuk mengetahui ajaran agama, sementara aspek
penghayatan dan keterampilan/pengamalan terabaikan. Hal ini
menyebabkan peserta didik tau tapi tidak mengamalkan ajaran
agama. Untuk memperbaiki kekeliruan tersebut peneliti berupaya
menawarkan strategi pembelajaran yang berorientasi afektif yaitu
strategi pembelajaran reflektif dan transinternal. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas X 5 SMA N 3 Padangsidimpuan dengan siswa
berjumlah 39 orang yang keseluruhannya beragama Islam, 17 lakilaki
dan 22 perempuan. Adapun rancangan penelitian dilakukan
dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Sedangkan jenis data yang akan dikumpulkan
adalah sikap, kesadaran rasional dan keluasan wawasan siswa serta
perasaan dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai ajaran Islam.
Analisis data secara naratif dan juga menggunakan analisis statistik
deskriptif dalam bentuk tabulasi frekuensi. Dalam pelaksanaannya,strategi reflektif maupun transinternal telah berhasil menumbuhkan
sikap mental, kesadaran rasional, keluasan wawasan, perasaan
kagum akan kekuasaan Allah, empati terhadap sesama makhluk
Allah, terdorong untuk merubah perilaku yang kurang baik dan
meningkatkan perbuatan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 09:04 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:52 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/72 |
Actions (login required)
View Item |