Nofinawati, Nofinawati and Atika, Jumi (2019) Identifikasi faktor penentu keputusan masyarakat dalam memilih bank syariah dan bank konvensional di Provinsi Sumatera Utara : Studi kasus pada masyarakat Tapanuli bagian Selatan. Research Report. LPPM IAIN Padangsidimpuan, Padangsidimpuan. (Unpublished)
Text
28.-NOFINAWATI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Masyarakat Provinsi Sumatera Utara khususnya wilayah Tapanuli Bagian
Selatan yang majemuk dari segi agamanya, ada yang beragama Islam, Kristen,
dan agama lainnya, sangat memungkinkan terdapatnya berbagai persepsi yang
mempengaruhi perilaku masyarakat dalam memilih bank. Namun demikian,
faktor keagamaan atau persepsi yang hanya didasari oleh alasan keagamaan saja
belum tentu mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap keputusan dalam
menggunakan jenis jasa perbankan. Melihat banyaknya faktor yang menjadi
penentu keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan, hal inilah yang
mendorong peneliti melakukan identifikasi lebih dalam terkait dengan faktorfaktor
tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research) yang bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah
yang menggunakan jasa bank syariah dan bank konvensional yang ada di wilayah
Tapanuli Bagian Selatan. Perhitungan sampelnya menggunakan rumus
Lemeshow. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini dengan
menggunakan instrumen kuesioner. Anlisis data dibantu dengan menggunakan
software SPSS 22. Uji Instrument, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji
koefisien diterminasi dan uji hipotesis.
Berdasarkan aktifitas penggunaan jasa perbankan masyarakat di Provinsi
Sumatera Utara khususnya wilayah Tapanuli Bagian Selatan dapat diketahui
bahwa persepsi masyarakatnya yang menyatakan bunga bank konvensional sama
dengan riba sebanyak 69 % dari 97 responden yang diteliti. Kemudian 54 % dari
97 responden pernah menjadi nasabah di bank syariah dengan alasan karena
agama sebanyak 69 %, alasan karena keuntungan sebanyak 19%, dan alasan
karena pelayanan karyawan sebanyak 11 % .Variabel marketing mix secara parsial
tidak dapat dijadikan sebagai faktor penentu keputusan masyarakat dalam
memilih bank syariah dan bank konvensional di Provinsi Sumatera Utara
khusunya di Wilayah Tapanuli Bagian Selatan. Sedangkan variabel motivasi dan
persepsi secara parsial dapat dijadikan sebagai faktor penentu keputusan
masyarakat dalam memilih Bank Syariah dan Bank Konvensional di Provinsi
Sumatera Utara khusunya di Wilayah Tapanuli Bagian Selatan. Kemudian,
variabel motivasi, persepsi dan marketing mix secara simultan dapat dijadikan
sebagai faktor penentu keputusan masyarakat dalam memilih Bank Syariah dan
Bank Konvensional di Provinsi Sumatera Utara khusunya di Wilayah Tapanuli
Bagian Selatan
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Marketing mix; Motivasi; Persepsi; Keputusan masyarakat memilih; Bank syariah; Bank konvensional, Sumatera Utara dan Tabagsel |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 08:30 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 08:30 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/576 |
Actions (login required)
View Item |