Sihotang, Nurfin (2019) Pembelajaran nahwu dan shorf melalui metode pembelajaran interaktif dan partisipatif : Studi kasus Semester IV Jurusan PBA IAIN Padangsidimpuan. Research Report. LPPM IAIN Padangsidimpuan, Padangsidimpuan. (Unpublished)
Text
24.-Nurfin-Sihotang.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul;Pembelajaran Nahwu Dan Shorf Melalui Metode
Pembelajaran Interaktifdan Partisipatif (Studi Kasus Semester IV Jurusan Pendidikan
bahasa Arab IAIN Padangsidimpuan). Dengan Rumusan masalah penelitiannya adalah;
1) Apa saja problematika pembelajaran Nahwu dan Shorof pada semester IV Jurusan
PBA FTIK IAIN Padangsidimpuan, 2) Bagaimana pelaksanaan metode interaktif
partisipatif dalam pembelajaran Nahwu dan Shorof, 3) Bagaimana hasil evaluasi
pembelajaran Nahwu dan Shorof dengan metode belajaran interaktif dan partisipatif.
Penelitian ini bertujuan; 1) Mengurai permasalahan yang dihadapi mahasiswadalam
pembelajaran Nahwu dan Shorof pada semester IV Jurusan PBA FTIK IAIN
Padangsidimpuan, 2) Pengembangan metode pembelajaran Ilmu Nahwu dan Shorof pada
mahasiswa Jurusan pendidikan bahasa Arab di Jurusan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif dan
partisipatif, 3) Bagaimana hasil evaluasi pembelajaran Nahwu dan Shorof metode
belajaran interaktif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan metode studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan forum group
disscution. Analisis data dengan model analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan
peningkatan pencapaian indikator keberhasilan tiap siklus. Langkah-langkah analisis
meliputi koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan
serta verifikasi.
Hasil penelitian pada tahap perencanaan metode partisipatis dan interaktif
mengidentifikasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran nahwu dan
shorof di segi mengi‟rob, memberi baris saat membaca teks arab menentukan illat dan
wazan fi’il. Hasil penelitian pada tahap pelaksanaan metode partisipatif dan interaktif
mengungkap peningkatan pemahaman mahasiswa tentang mengi‟rob, memberi baris saat
membaca teks arab menentukan illat dan wazan fi’il . Hasil penelitian pada tahap
evaluasiI menunjukkan peningkatan hasil belajar tentang pembelajaran nahwu dan shorof
terutama pemahaman mahasiswa tentang mengi‟rob, memberi baris saat membaca teks
arab menentukan illat dan wazan fi’il.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; Nahwu Shorf; Interaktif partisipatif; Jurusan Bahasa Arab |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 08:06 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 08:06 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/573 |
Actions (login required)
View Item |