Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Profesionalisme guru matematika dalam merencanakan pembelajaran berbasis kompetensi

Suparni, Suparni (2016) Profesionalisme guru matematika dalam merencanakan pembelajaran berbasis kompetensi. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 2 (1). pp. 15-30. ISSN 2442-7004

[img]
Preview
Text
SUPARNI.pdf

Download (484kB) | Preview
Full text available at: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php...

Abstract

Perencanaan pembelajaran yang baik, akan memudahkan guru dalam pembelajaran
dan siswa akan lebih terbantu dalam memahami materi pelajaran. Perencanaan
pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta
didik, sekolah dan mata pelajaran. Setiap guru wajib menyusun silabus dan RPP
secara lengkap. Seorang guru matematika harus dapat merancang perencanaan
pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan pendekatan yang terdapat pada
pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana
pengetahuan dan kemampuan guru-guru matematika SMA Negeri se kota
Padangsidimpuan dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran. Penelitian
ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan
instrumen berupa tes kemampuan pengetahuan dan angket. Hasil analisis data
dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru dalam mengembangkan perencanaan
pembelajaran masuk pada kategori cukup, sedangkan kemampuan guru dalam
mengembangkan perencanaan pembelajaran berada pada kategori cukup baik dan
terdapat hubungan yang signifikan pengetahuan guru dengan kemampuan guru
dalam pengembangan perencanaan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:30
Last Modified: 21 Aug 2019 05:20
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item