Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa dengan metode mind mapping pada mata pelajaran Fikih di madrasah ibtidaiyah

Lubis, Maulana Arafat (2019) Peningkatan hasil belajar siswa dengan metode mind mapping pada mata pelajaran Fikih di madrasah ibtidaiyah. DARUL 'ILMI: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 7 (2). pp. 55-67. ISSN 2338-8692

[img] Text
2239-5444-1-SM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
Full text available at: http://194.31.53.129/index.php/DI/article/view/223...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di MIN 6 Medan di fikih. Hal ini disebabkan oleh cara mengajar guru yang perlu dimodifikasi, sehingga menyebabkan siswa tidak berkeinginan mengikuti pelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 6 Medan di fikih dengan menggunakan metode mind
mapping. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kelas Tindakan yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat garis, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dan data kuesioner digunakan untuk melihat keberhasilan penerapan metode pemetaan pikiran di kelas untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa telah meningkat di mana rata-rata dalam pre-test adalah 39,04 kemudian peningkatan pada siklus post-test I adalah 75,58 dan peningkatan lagi pada post-test siklus II adalah 91,88. Persentase ketuntasan klasikal siswa adalah 4,17% pada pra-tes, 75% pada siklus pertama, dan 95,83% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, kesimpulannya adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam fikih yang diajarkan oleh guru kepada siswa di sekolah

Item Type: Article
Keywords: Pemetaan pikiran; Hasil belajar; Fikih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Maulana Arafat Lubis
Date Deposited: 09 Jun 2020 14:39
Last Modified: 09 Jun 2020 14:39
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item