Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Gerakan mulia (muslimah peduli alam): integrasi dakwah bilisan al-haal dan komunikasi lingkungan dalam meminimalkan sampah kantong plastik di kota Padangsidimpuan

Rizki, Juni Wati Sri (2017) Gerakan mulia (muslimah peduli alam): integrasi dakwah bilisan al-haal dan komunikasi lingkungan dalam meminimalkan sampah kantong plastik di kota Padangsidimpuan. In: Persidangan Antarabangsa Sains Sosial & Kemanusiaan 2017, 26-27 April 2017, Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor, Malaysia.

[img]
Preview
Text
13--Juni-Wati-Sri-Rizki.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
Full text available at: http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/pro...

Abstract

Tulisan ini menguraikan tentang aktivitas peduli alam dan lingkungan
yang dilakukan para muslimah yang tergabung dalam gerakan MULIA.
Gerakan ini berbeda dengan aktivitas peduli lingkungan pada umumnya
yang lebih fokus terhadap penyelamatan ekosistem hutan dan sungai
dengan cara menanam pohon atau mencegah penebangan liar. Berbeda
pula dengan aktivitas peduli lingkungan yang hanya fokus pada daur
ulang sampah. Gerakan MULIA lebih fokus terhadap upaya memutus
mata rantai sampah, yaitu kantong plastik bekas belanja. Gerakan ini
mengintegrasikan pendekatan dakwah bil-haal dan komunikasi
lingkungan, yang mana dalam hal ini gerakan dimulai dengan
penumbuhan kesadaran dan tanggung jawab muslimah terhadap alam dan
lingkungan, menjaga kebersihan alam dan lingkungan, membiasakan
hidup hemat dengan cara mengurangi kebiasaan berbelanja, berbagi
dengan orang lain lewat sedekah, serta berdakwah melalui perbuatan (bilhaal)
dan berbagi kebiasaan baik agar menimbulkan keteladanan bagi
orang lain.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies
Depositing User: Yusri Fahmi
Date Deposited: 22 Oct 2017 03:05
Last Modified: 10 Sep 2019 04:06
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item