Asfiati, Asfiati (2014) I’jaz al-Qur’an in the views of al-Zamakhsyari and Sayyid Quthb: futurologi pendidikan Islam. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 8 (1). pp. 107-116. ISSN 2442-6997
|
Text
ASFIATI.pdf Download (555kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam tidak pernah berhenti dalam mengatur diri sendiri terhadap perubahan dan perkembangan sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk itu pendidikan Islam menemukan paradigma baru melalui alam yang reaktif dan defensif dari jawaban dan membela kebenaran. Dalam hal ini pendidikan Islam harus mampu membuat konsep dan mengandung nilai-nilai dasar strategis dan proaktif dan antisipatif, mendahului perkembangan masalah yang akan muncul di masa depan, juga harus mampu mempertahankan nilai-nilai dasar yang benar dan diyakini dipertahankan dan dikembangkan. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Sunnah dan mampu mengembangkan kesaksian primordial kepada masyarakat dan bangsa muncul melalui pendidikan yang berfungsi sebagai media dalam mendidik anak-anak bangsa. Nilai-nilai kebijakan yang baik tidak akan lekang oleh waktu dan usia sehingga mereka dapat berperan dalam mencapai kesuksesan meskipun banyak futurolog pendidikan Islam ditemukan masalah-masalah sosial, politik, pendidikan dan dampak globalisasi dan penemuan identitas bangsa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 02:32 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 08:33 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |