Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan

Siregar, Budi Gautama and Nasution, Hamni Fadlilah and Aisyah, Siti Aisyah (2017) Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 6 (1). pp. 58-81. ISSN 2356-4628

[img] Text
1438 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (35kB)
Full text available at: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,727 artinya korelasi antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,507 atau 50,7 % menunjukkan variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai thitung>ttabel(5,111 > 1,663). Variabel harga ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,670 > 1,663). Variabel promosi ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,755 > 1,663). Variabel atribut produk ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (4,552 > 1,663). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.

Item Type: Article
Keywords: Kualitas produk;harga;promosi;atribut produk;keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Budi Gautama
Date Deposited: 07 Aug 2023 13:18
Last Modified: 07 Aug 2023 13:18
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item