Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran think pair shared dengan numbered head together siswa kelas IV SD negeri 15 Padangsidimpuan

Safitri, Adek (2023) Analisis perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran think pair shared dengan numbered head together siswa kelas IV SD negeri 15 Padangsidimpuan. In: Sains dan matematika menyiapkan pembelajaran dalam menyongsong era society 5.0. Samudra Biru, Yogyakarta, pp. 217-232. ISBN 978-623-261-597-7

[img]
Preview
Image
Sains.png - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (148kB) | Preview
[img] Text
ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu agar dapat menganalisis perbedaan dari hasil belajar siswa pada materi pecahan yang diajar dengan menggunakn model pembelajaran kooperatif tipe think pair shared dan numbered head together. Populasi seluruh siswa kelas IV yang terbagi dalam dua kelas yaitu IVa berjumlah 30 dan kelas IVb berjumlah 30. Metode penelitiannya eksperimental (experimental research) dengan jenis penelitian quasi exsperiment dengan desain two group pretest postest. Tehnik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar matematika yang berjumlah 10 soal berbentuk essay. Rerata kelas eksperimen 75,54 sedangkan kelas kontrol 70. Dengan analisis varians juga membuktikan yaitu nilai signifikansi model pembelajaran adalah 0,048 lebih sedikit dari nilai α =0,05 yang analisisnya berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa materi pecahan yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair shared dan numbered head together di kelas IV SD Negeri 15 Padangsidimpuan. Sehingga, tentu dapat disimpulkan yaitu analisis hasil belajar matematika siswa materi pecahan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair shared memiliki perberbedaan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together menunjukkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Book Section
Keywords: Hasil belajar siswa; Model pembelajaran; Think pair shared; Numbered head together; SD negeri 15 Padangsidimpuan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010110 Partial Differential Equations
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Adek Safitri
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:00
Last Modified: 16 Jun 2023 04:31
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item