Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategies for handling problematic atm complaints in increasing customer satisfaction at PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK KC Padangsidimpuan

Sannita, Sannita and Harahap, Darwis and Efendi, Sulaiman and Husni, Husni (2022) Strategies for handling problematic atm complaints in increasing customer satisfaction at PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK KC Padangsidimpuan. Journal of Sharia Banking, 1 (2). pp. 177-183. ISSN 2827 9344

[img] Text
6436-18061-1-SM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (953kB)
Full text available at: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PT. BMI, Tbk KC Padangsidimpuan menerapkan strategi penanganan keluhan ATM bermasalah dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dangan Perbankan Syariah. Dengan adanya penanganan keluhan ATM maka akan dapat mencegah timbulnya krisis, karena bank dapat menangani masalah lebih cepat dan mengenali gejala-gejala awal dari adanya krisis dengan mengevaluasi keluhan ATM yang bermasalah yang dapat merugikan perbankan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melihat bahwa ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya keluhan ATM bermasalah, yakni: faktor internal ini bersumber dari internal bank, yakni Sistem yang mengalami masalah, sehingga tidak dapat melayani kebutuhan nasabah dalam melakukan suatu transaksi. Selain itu, sumber daya manusianya yang kurang terampil sehingga membuat nasabah mengalami keluhan, dan faktor eksternal bersumber dari perilaku nasabah yang belum memahami cara menggunakan fasilitas dari bank, yakni salah satunya tidak dapat menggunakan kartu ATM, dan juga nasabah yang kurang sabar, yang kurang sabar ini membuat nasabah tersebut cenderung melakukan tindakan-tindakan yang ceroboh, yang menyebabkan kartu ATM terblokir, rekening nasabah bisa terdebet, kartu ATM tertelan, kartu ATM rusak atau tidak dapat digunakan lagi salah transfer.

Item Type: Article
Keywords: Keluhan; Penanganan keluhan; Kepuasan Nasabah.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Darwis Harahap
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:02
Last Modified: 15 Jun 2023 02:02
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item