Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan

Harahap, Asriana (2018) Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1). pp. 18-36. ISSN 2685-0451

[img] Text
garuda941434.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB)
Full text available at: https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/abdau/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai- nilai karakter dalam pembelajaran tematik, nilai-nilai karakter yang dikembangkan serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian siswa-siswi kelas III dan wali kelas serta kepala sekolah guna mendukung data. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai karakter meliputi perencanaan dan pelaksanaan. Dalam perencanaan pembelajaran terdiri atas silabus dari dinas/pemerintah dan RPP yang dibuat sendiri oleh guru. Sedangkan dalam pelaksanaannya, guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, penilaian, penanaman kedisiplinan, pembiasaan dan keteladanan. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan guru dalam pembelajaran tematik diperoleh nilai-nilai karakter yang sering muncul nilai-nilai karakter lain yang jarang muncul. Fakor pendukung dalam implementasi nilai-nilai karakter adalah sekolah melalui kegiatan dan fasilitas, guru melalui keteladanan, strategi pembelajaran, media dan sumber belajar. Faktor penghambat adalah lingkungan, peserta didik dan waktu.

Item Type: Article
Keywords: Implementasi; Nilai-nilai karakter; Pembelajaran tematik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Asriana Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2023 02:17
Last Modified: 04 Jun 2023 02:17
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item