Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas model cooperative learning type jigsaw dalam meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang balok

Amalia, Sry and Safitri, Adek (2022) Efektivitas model cooperative learning type jigsaw dalam meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang balok. Dirasatul Ibtidaiyah, 2 (1). pp. 14-26. ISSN 2797-2410

[img] Text
Jurnal jigsaw adekstp IAIN.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (336kB)
Full text available at: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php...

Abstract

Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa model pembelajaran kooperatif efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 200101/01 Padangsidimpuan. Hasil belajar yaitu kemampuan atau kompetensi dasar minimal yang harus dimiliki seorang peserta didik. Sedangkan aktivitas siswa ialah bagaimana respon dan tanggapan peserta didik saat proses pembelajaran, berani untuk menyampaikan pendapat dan termotivasi untuk belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 200101/01 Padangsidimpuan. Sementara subjek penelitian ini yaitu hasil belajar dan aktivitas peserta didik saat pembelajaran Bangun Ruang Balok. Tujuan penelitian ini untuk efektivitas peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Saat pembelajaran matematika dilakukan PTK dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dilakukan dengan tiga siklus.

Item Type: Article
Keywords: Model pembelajaran kooperatif; Bangun ruang balok
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Adek Safitri
Date Deposited: 30 May 2023 08:27
Last Modified: 30 May 2023 08:27
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item View Item