Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan life skills education mahasiswa melalui pengembangan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy

Jelita, Dian and Zulhammi, Zulhammi and Zulhimma, Zulhimma (2023) Peningkatan life skills education mahasiswa melalui pengembangan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21 (2). pp. 302-308. ISSN 1829-5614

[img] Text
Didaktika_Dian+Jelita+302.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (490kB)
Full text available at: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/...

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan bahan ajar yang merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar. Pada Mata kuliah micro teaching di Program Studi Pendidikan agama islam belum adanya bahan ajar yang memadai sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar. Model penelitian pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan pengembangan 4D Model (define, design, develop dan disseminate), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta instrumen peniliaian validasi ahli berupa ahli materi, bahasa, desain dan juga terdapat analisis respon pengguna. Data yang didapatkan dalam penelitian ini di analisis deskriptif kuantitatif sesuai prosedur pengembangan yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan dari tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana mengembangkan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy. Dan bagaimana peningkatan life skills education mahasiswa PAI UIN FAS melalui pengembangan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: data penelitian diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian yang kemudian dianalisis dengan menggunakan referensi yang sesuai untuk menghasilkan buku ajar yang dikembangkan, peningkatan life skills education mahasiswa PAI UIN FAS Bengkulu melalui pengembangan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy dinyatakan tinggi dengan nilai rata-rata N-Gain score sebesar 0,71 dan N-Gain Score persen sebesar 70,65.

Item Type: Article
Keywords: Life skills education; Micro teaching; Multimodal literacy
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 03 May 2023 06:28
Last Modified: 03 May 2023 06:28
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item