Nasution, Ja'far and Hardana, Ali and Damisa, Arti and Rasyid, Arbanur (2022) Pelatihan manajemen usaha dalam meningkatkan usaha umkm kuliner. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB), 1 (5). pp. 271-280. ISSN 2964-7150
Text
271-280.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Jumlah Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) ialah bagian yang besar dari pelaksana ekonomi secara totalitas. Tetapi pertumbuhan UMKM yang berkaitan dengan kemajuan teknologi masih belum sesuai harapan. Proporsi UMKM yang memakai penjualan online masih rendah. Perihal itu diakibatkan oleh masih banyak UMKM yang belum memahami secara teknis tatacara penjualan online. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan keahlian UMKM dalam manajemen secara universal, pemasaran digital dan pencatatan keuangan. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa pengembangan ketrampilan pembuatan perencanaan pemasaran, pemasaran digital dan pemahaman pencatatan keuangan sehingga dapat berguna dalam mengembangkan usaha yang akan dijalankan di kemudian hari. Partisipan pelatihan sebanyak 34 usaha mikro, sebagian besar merupakan usaha kuliner yang diberi pelatihan manajemen yang mereka butuhkan. Hasil yang diperoleh dari aktivitas ini merupakan terjadinya mitra binaan kuliner yang lebih maju dalam pengelolaan serta penjualan produk secara online.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Digital marketing; Keuangan; Perencanaan; UMKM |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Ahwal Syakhsyiah/Hukum Perdata Islam |
Depositing User: | Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 08:15 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 08:15 |
URI: | http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1083 |
Actions (login required)
View Item |