Research Repository of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Modul Strategi pembelajaran matematika untuk Mahasiswa PTKIN di Indonesia

Rangkuti, Ahmad Nizar (2023) Pengembangan Modul Strategi pembelajaran matematika untuk Mahasiswa PTKIN di Indonesia. UIN Syahada Padangsidimpuan. (Unpublished)

[img] Text
Artikel - HakI (1).pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Strategi pembelajaran matematika untuk mahasiswa PTKI di Tapanuli Bagian Selatan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Pengembangan (Development Research) yaitu model pengembangan IDI (Instructional Development Institute). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototype dan tahap penilaian (assessment).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) modul Strategi pembelajaran matematika yang dirancang sudah valid meliputi validitas isi dan konstruk; 2) penggunaan modul Strategi pembelajaran matematika dalam proses pembelajaran tidak mengalami hambatan yang berarti, dalam arti praktis penggunaannya menurut penilaian observer dan mahasiswa serta dosen; dan 3) modul Strategi pembelajaran matematika sudah efektif yang ditunjukkan dari hasil observasi pada pelaksanaan proses pembelajaran, hasil wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa, serta hasil belajar mahasiswa yang lebih tinggi menggunakan modul dalam pembelajaran.

Item Type: Other
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Ahmad Nizar Rangkuti
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:54
Last Modified: 24 Apr 2024 09:32
URI: http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item